Sabtu, 25 Desember 2010

Unand tidak masuk 10 besar universitas indonesia

Kali ini saya akan berbagi sedikit dengan anda. Bahwasanya universitas kita, UNIVERSITAS ANDALAS pada saat ini memiliki peringkat yang lumayan rendah di mata internasional. Bukan hanya itu kita juga tidak terdapat dalam sepuluh besar universitas terkemuka di INDONESIA. Berdasarkan webometrics juli 2010,.. UNIVERSITAS ANDALAS berada pada posisi ke-3229 peringkat dunia dan pada posisi ke-28 peringkat se indonesia..
Berikut daftar 10 UIVERSITAS terbaik di indonesia yAang saya ambil dari sebuah situs : http://tulangku.wordpress.com/2010/02/10/10-universitas-terbaik-indonesia/..:
1. Universitas Gadjah Mada
Universitas yang terletak di Bulaksumur ini merupakan universitas terbaik versi Webgometric diliat dari statistic pengguna dan pengakses situs resmi UGM, dilihat dari faktor alumni juga sangat kuat, KAGAMA.  Untuk passing grade di UGM sendiri, passing grade tertinggi masih dipegang oleh KU-UGM yang mempunyai daya tampung sedikit karena ada kelas regular dan kelas internasional.  Banyak mahasiswa KU-UGM yang berasal dari Malaysia, India, dsb. Termasuk putra dari ketua MA sekarang, Mahfud MD juga berasal dari kampus ini.
Tingkat kedua diduduki oleh TE-UGM, di TE-UGM ini terdapat beberapa konsentrasi diantaranya Arus kuat, Kontrol and Instrumentation, and Telecommunication. Tidak jarang mahasiswa dari TE-UGM ini menjurai beberapa National Competition, misalnya KRCI dan KORINDO (Rocket Contest Competition)
Selanjutnya diduduki beberapa jurusan yang biasanya dalam perkembangannya mempunyai lulusan yang berkompeten misalnya ELINS (Elektronika dan Instrumentasi), AKUNTANSI, MANAJEMEN, TEKNIK KIMIA, dan FARMASI
Biaya di UGM relatif murah dan terjangkau, untuk makan mungkin bisa sekitar Rp.3.500 kalau ingin ngirit didaerah Blimbingsari namanya Rumah Makan Galan.(pengalaman pribadi,hehehe). Untuk biaya kuliah jika mengambil 24 sks ya sekitar 2,4 jutaan rupiah. Kost paling bisa dapet sekitar 1.5juta/bulan..Untuk standar mahasiswa ini cukup sesuai
2. Institut Teknologi Bandung
Universitas yang satu ini telah memberikan kontribusi nyata bagi negeri ini lewat beberapa tokoh jebolannya, sebut saja Abu Rizal Bakrie dari TE, Dirut Pertamina dari Teknik Fisika, Fadel Muhammad dari Fisika Teknik, Hatta Rajasa dari perminyakan, dan masih banyak lagi. Kalau dibandung memang satu hal yang jangan sampai lupa. Mantel Hujan, kota kembang ini mempunyai pemandangan alam yang permai, udara sejuk, dan FO-FO yang sangat menjamur. Namun di lihat dari segi biaya. Biaya kost di Cisitu sekitar 500 ribu perbulan. Makan mungkin sekali makan untuk menu sederhana sekitar 7000 ribu rupiah dan es jeruk sekitar 3ribuan. beberapa jurusan yang mempunyai minat tinggi diantaranya adalah Teknik Elektro, IF,Teknik Kimia, Mining Engineering, dan Petrolium Engineering. Biasanya perusahaan multinasional mengambil lulusan dari ITB untuk melakukan riset dan lulusan ITB memang terkenal berkwalitas, mungkin karena faktor sistem penjaringan dari ITB yaitu dengan cara mengambil para kontestan Olipmpiade untuk diberikan fasilitas Beasiswa di kampus ini.  Kampus yang beraritektur kelas tinggi ini menyuguhkan beberapa fasilitas terkenal di kota kembang, sebut saja Masjid Salman, Taman Ganesha, dan masih banyak lagi.
Jika mendapatkan kesempatan beasiswa bisa menjajal asrama Bumi Ganesha di wilayah Cisitu. Kampus ini sangat komperensif  bagi para calon mahasiswa yang menginginkan kuliah dibidang Teknik,  kalau di kelas engineering kalau boleh saya berpendapat. Kampus ini kampus paling cocok buat yang ingin menimba ilmu engineering. Mulai dari Geology, Petroleum, Electrical, Physic, Architecture hingga Chemical Engineering.
3. Universitas Indonesia
Kalo yang satu ini kampus yang bermarkas di pusat ibukota ini kadang mendapat julukan Universitas Ibukota. menjadi incaran bagi mereka yang berada di kawasan Indonesia bagian barat sekitar Jabar, DKI, dan kawasan Sumatra, walaupun ada beberapa dari Kawasan indonesia dari penjuru yang lain. Passing grade UI tertinggi diduduki oleh KU-UI yang merupakan passing grade tertinggi di bandingkan KU Unair atau UGM.  KU-UI merupakan KU terbaik dinegeri ini. Disusul seperti akuntansi FE-UI, TE-UI, ILKOM-UI yang mempunyai passing grade tinggi juga dan merupakan pecahan dari ilmu matematika.ada beberapa universitas negeri yang membuka prodi ILKOM dengan passing grade tinggi tentunya diantaranya UI, UGM, dan IPB, dan beberapa perguruan tinggi lainnya yang reputable.
4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
5 Sekolah Tinggi Teknologi Telkom Institut  ( Sekarang Teknologi Telkom (IT Telkom) )
6 Institut Pertanian Bogor
Universitas Airlangga
Mungkin yang paling tinggi tingkatan di Universitas ini adalah KU-Unair. dan mempunyai reputasi yang sangat bagus
8 Universitas Padjadjaran
Kalau yang ini paling banyak diminati adalah KU-UNPADnya.
9 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
lebih dikenal dengan nama PENS dan sangat terkenal di kancah KRI-KRCI. Selalu menyabet gelar juara.
10 Universitas Bina Nusantara
Dapat kita saksikan bahwasanya kita itu belumlah apa-apa. Kita masih berusaha merubah diri untuk menjadi universitas dambaan masyarakat masa depan. Tapi saya yakin di masa yang akan datang UNAND akan menjadi universitas terkemuka di INDONESIA. Semua itu tergantung kepada kita generasi yang saat ini sedang berjuang untuk membawa UNAND ke arah yang lebih baik. Karena prestasi UNAND tidak hanya terdapat di tangan pimpinannya,tetapi kemajuan UNAND terdapat pada tangan mahasiswanya.
Dikutip sepenuhnya dari : http://blog.unand.ac.id/zulsi/2010/12/14/36/

Tidak ada komentar: