Selasa, 18 Desember 2012

Quote of the day

hidup adalah untuk menghidupi tinggal seberapa besar iman dan usahamu
             -hr-

Senin, 17 Desember 2012

Letak Kesuksesan

Pukul satu malam sudah, sedikitpun mata ini belum mau terpejam. Entah kenapa pikiran ini ingin bertanya apa sukses itu? kata tersebut luar biasa, siapa saja pasti ingin menyandangnya. Suatu hari saya berbincang dengan salah seorang teman saya yang menceritakan tentang pemain sepak bola idolanya. Dia menceritakan detail semua tentang pemain sepak bola favoritnya, mulai dari kelahirannya, masa lalunya, gol-gol yang pernah dicetaknya dan bayaran yang didapatnya. Ya! sungguh luar biasa semua kata-kata nya bermuara pada kalimat dia adalah seorang pemain sepakbola yang sukses. Lain lagi dengan teman saya yang lainnya yang sibuk menceritakan kekurangan intsitusinya lengkap beserta perkumpulan-perkumpulan orang didalamnya. Dengan kesimpulan objek yang diceritakannya adalah tidak sukses.

Memang manusia seenaknya saja menghakimi sesuatu. Dengan mudahnya dapat men-cap seseorang sukses atau tidak, bahkan baik atau buruknya orang lain dari peristiwa sekilas dalam hidupnya. Lain lagi dengan saya, saya beranggapan kedua pencerita tadi adalah orang yang sukses. Sukses membuat saya jadi memikirkan kesuksesan itu. Memang kelihatannya tulisan ini terlalu absurd. tapi memang begitulah adanya kesuksesan seseorang dapat dinilai seenaknya baik ketika ia sedang berada dititik tertinggi dalam hidupnya maupun ia yang berada dititik terbawah dihidupnya. Tidak ada standar ukuran baku dari suatu kesuksesan, harta benda, kebahagian, dan ketenangan jiwa pun sukar dijadikan tolak ukur yang pasti untuk suatu kesuksesan. Jadi menurut saya orang yang sukses adalah orang tidak pernah kehilangan semangat, selama masih ada semangat maka disana akan ada kesuksesan yang tidak bisa dinilai dari hartabenda, jabatan, dan sebuah pemikiran.

Senin, 05 November 2012

Belum ada judul

Apa yang harus aku lakukan ketika iya belum ada rasa sayang?
Apa yang harus aku lakukan ketika iya tidak menganggap keberadaanku?
Apa yang harus aku lakukan jika terlalu banyak perbedaan?
Apa yang harus aku lakukan jika semua tentangnya adalah privacy?
Apa yang harus aku lakukan jika teman-temanku menyuruh untuk berhenti?
Apa yang harus aku lakukan jika dia kembali memberi harapan-harapan yang tidak pasti?
Apa yang harus aku lakukan jika iya nyaman dengan yang lain?
Apa yang harus aku lakukan ketika semua sudah tidak dihargai?

Betapa pecundangnya aku :)

Minggu, 30 September 2012

Sedikit cerita tentang @fkunja2011 #2

Lanjut ke momen-momen seru yang sayang banget kalo dilewati

3. BAKSOS
Baksos ini program tahunan dari dosen agama islam UNJA. Top deh programnya, bukan hanya muslim yang boleh ikutan yang non juga boleh ikut. kami mengadakan baksos di sebuah panti asuhan di Sungai gelam _jambi. Acaranya meliputi tatacara cuci tangan yang baik, cara menggosok gigi yang benar, games seru lainnya dan yang pasti kami juga berikan sedikit bantuan kepada anak-anak yang ada disana :)
insyaallah jadi dokter anak :)

cowok2nya @fkunja2012 dan santri

kerja-kerja... ayo kita kerja :D

4. Idul Adha 
kenapa ini jadi momen yang begitu ga biasa? ya tentu saja ini adalah  idul adha pertama tanpa keluarga. Nasib orang yang numpang hidup di negeri orang :) tapi tetap menyenangkan karena kita bareng teman-teman.
ini udah hampir setahun yang lalu, dan berlanjut di tahun ini sepertinya :(

5. Ultahnya Temen2
yang ultah  disini bakal dikerjain habis-habisan, kadang juga jadi ajang bales dendam hahaha :)
ultahnya abel :)
ultahnya faren
ultahnya teteh
ultah putri
ultah yudha
ultah of me <3 br="br">




Senin, 10 September 2012

Sedikit cerita tentang @fkunja2011 #1

Sejak awal masuk di kedokteran Unja sih saya udah dibikin susah dan ribet, tapi ya dijalani aja.


  1. OSPEK
siapa bilang ospek di kedokteran itu ga asik? asik banget baru terasa aasiknya waktu saya disemester 3 hahaha. liat aja tu photo kayak orang tolol banget, terimakasih senior :) udah ngenalin saya ama hal-hal yang berbau perploncoan dan yang ga bakal  lupa masuk raung kdaver yang pertama kalinya.


    2. INAGURASI
seperti keluarga :)
gokil :D



                                                               
                                bersambung......


Sabtu, 08 September 2012

Saya (masih) ingin pakai JAKUN

Maaf bloger semua, beberapa postingan tadi adalah draft dari coretan-coretan kecil lama yang belum sempata di posting (draft).

tidak begitu dengan postingan saya yang kali ini walaupun judulnya memang agak berbau masalalu.
Mimpi "mau" makai jaukun Universitas Indonesia sih udah kewujud cuma itu bukan jurusan yang diinginkan sih, makanya milih Unja aja walaupun mahal. 
Belum lama ini saya kembali bermimpi untuk melanjutkan studi ke Universitas Indonesia nantinya kalau Allah meridhoi dan memudahkan jalan. Saya yakin tidak ada ucapan yang sia-sia apalagi doa. :))

MTQ dan Festival nasyid

Setelah lima tahun berdiri akhirnya SMAN 3 batusangkar berhasil mengadakan event tingkat Sumatera Barat. MTQ dan festival nasyid yang berlangsung pada hari sabtu dan minggu tersebut dimotori oleh OSIS SMAN 3 Batusangkar periode 2009/2010 dan OSIS SMAN3 periode 2010/2011 yang insyaallah akan segera dilantik awal bulan ini. 

Lulus SNMPTN tulis 2011 di Pend. Dokter UNJA

Siapa yang tidak senang ketika anda dinyatakan lulus keperguruan tinggi negri di jurusan paling favorit. Terlebih lagi lulus melalui jalur SNMPTN. Jalur paling rame peminat dan banyak saingan. Awalnya saya memang begitu senang dan itu hanya beberapa menit, perasaan ini langsung berubah ketika saya melihat uang masuk yang harus dibayar keperguruan tinggi tersebut. Selama ini saya beranggapan setiap calon mahasiswa yang lulus dengan ujian SNMPTN dikenakan uang masuk yang terjangkau. Namun tidak begitu yang saya temukan disini. Sebut saja Universitas Jambi, ya saya dinyatakan lulus di program studi pendidikan dokter. Besaran uang masuk yang dikenakan untuk mahasiswa SNMPTN dan UMB yaitu 75juta rupiah belum termasuk SPP dan lain-lain.
Saya sangat bingung itu bukanlah uang yang sedikit bagi saya dan keluarga saya. Ayah saya hanya seorang PNS dan ibu saya hanya sebagai ibu rumah tangga. Sempat terlintas dipikiran saya untuk tidak mengambil kuliah disini karena terlalu mahal. Namun keluarga saya sangat mendukung, sebenarnya saya sangat keberatan membayar sebesar itu untuk masuk kuliah. dan sekarang saya sudah kuliah di universitas ini, di jurusan pendidikan dokter. semoga nanti saya bisa jadi dokter yang sukses, saat ini saya belum bisa membalas kebaikan banyak orang mungkin jika sukses nanti saya bisa berbuat baik ke orang banyak.

Comeback, GO BLOG

Dear bloger,
rasanya sudah lama ga nulis postingan sendiri. Rasanya ini otak udah penuh mau nyampah hehe..

Jumat, 22 Juni 2012

SERATUS PERSEN LULUSAN DOKTER PERTAMA PSPD UNJA LULUS UJIAN KOMPETENSI UKDI


PDF Cetak
Foto : Peserta yudisium pada saat pengambilan sumpah dokter yang dipimpin oleh Ketua Prodi      dr. Armaidi Darmawan, M. Epid
Kabar gembira lagi dari PSPD Unja setelah 2 hari yang lalu telah me-yudisium dan mengambil sumpah 2 orang dokter lulusan pertama PSPD Unja, hari ini Minggu 27 Mei 2012 kita juga mendapat kabar yang lebih mengembirakan lagi dimana dr. Arsia Dilla Paramita dan dr. Dhevi Hariadi Ratna dinyatakan lulus ujian kompetensi dokter dari KB UKDI di Jakarta. Nyata sudah bahwa PSPD Unja mempnyai kapasitas tenaga pendidik yang tidak diragukan lagi kapasitasnya. Lulus Ujian Kompetensi berarti lulus 100% menjadi dokter, telah diakui secara nasional dan sudah dapat menghantarkan lulusannya ke pengabdian masyarakat dengan mendapatkan STR dari KKI.

Tapi kita jangan terlena dengan kegembiraan ini, masih banyak sisi yang harus kita tingkatkan, perubahan prodi jadi fakultas, persiapan ujian kompetensi sendiri di FK. Unja baik ujian CBT dan ujian kompetensi OSCE harus kita persiapkan lagi. Selamat PSPD berjuang terus, berkemabng terus  dan dukungan dari semua stake holder kususnya di propinsi Jambi yang selama ini sudah ada semoga juga meningkat dimasa-masa mendatang.

source: http://www.fk.unja.ac.id/

Masuk Kedokteran Unja Rp 90 Juta Lho..

Tribun Jambi - Jumat, 15 Juni 2012 11:19 WIB
07062012_kampus_unja.jpg
TRIBUN JAMBI/ WAHYU JATI KUSUMA
Kampus Universitas Jambi di Mendalo
TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI -  Ingin masuk program studi pendidikan dokter Universitas Jambi (Unja)? Siapkan uang Rp 90 juta. Uang tersebut harus disetorkan ke rekening fakultas kedokteran Unja di Bank BRI sebagai SP3 atau sumbangan orang tua.
Data yang terlihat pada pengumuman Program Studi Pendidikan Dokter Unja, dana Rp 90 juta merupakan SP3 untuk calon mahasiswa yang lulus melalui Jalur Lokal Mandiri. Sementara dana SP3 untuk calon mahasiswa yang lulus melalui jalur undangan SNMPTN, SNMPTN, dan UMB adalah Rp 75 juta.
"Itu merupakan sumbangan orang tua. Penyetorannya 7-10 Agustus nanti," ujar sumber Tribun di internal Unja, Kamis (14/6).
Ia mengatakan, jumlah yang diterima di Prodi Pendidikan Dokter Unja tidak banyak. Untuk tahun ajaran 2012/2013, total penerimaan tidak sampai 100 orang.
"Kalau tidak salah, jalur undangan 9 orang, UMB 25 orang, SNMPTN 25 orang, dan Jalur Lokal Mandiri 35 orang," ujarnya lagi.
Tidak hanya uang puluhan juta yang wajib disetor. Selain uang SP3, calon mahasiswa juga menyetorkan SPP sebesar Rp 3,5 juta. SPP tersebut disetorkan melalui rekening Bendahara SPP di Bank BNI 1946 Cabang Jambi.
Masih ada dana lain yang juga wajib disetor. Totalnya sebesar Rp 371 ribu. Dana ini adalah untuk membayar beberapa hal. Di antaranya dana registrasi administrasi, senat mahasiswa, asuransi, buku prospectus, jaket almamater, Ospek/PKK, kartu mahasiswa, pembukaan rekening, iuran Bapomi/BPSMI, dan suara Unja.
Sayangnya, pihak Fakultas Kedokteran Unja terkesan agak tertutup terkait jumlah mahasiswa yang akan diterima. Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Unja dr Nindya mengatakan bukan wewenangnya untuk berbicara terkait penerimaan mahasiswa baru FK Unja.
"Dekan lagi di Jakarta. Itu bukan wewenang saya, langsung ke bu Farida saja, kepala TU," ujarnya sembari mengangkat telepon menghubungi Farida.
Begitu juga Kepala Tata Usaha FK Unja, Farida. Ditemui di ruangannya, ia mengatakan tidak berani berbicara terkait jumlah kursi mahasiswa baru yang akan diterima. Namun ia sendiri menolak ketika diminta menghubungkan  dengan Dekan FK Unja, dr Armaidi Darmawan yang sedang berada di luar daerah.
"Kami dipesan agar tidak memberikan nomor handphone dekan. Saya juga tak berani menghubunginya, beliau lagi acara di Bandung," ujarnya sembali ke luar ruangan, Kamis (14/6).
Prodi Pendidikan Dokter Unja menerima mahasiswa dari empat jalur penerimaan. Keempat jalur tersebut adalah jalur undangan SNMPTN, SNMPTN, UMB, dan jalur Lokal Mandiri.
Untuk jalur undangan SNMPTN nama-nama yang lulus sudah bisa dilihat di website Fakultas Kedokteran Unja, www.fk.unja.ac.id. Sembilan orang dinyatakan lulus jalur undangan di antaranya adalah alumni SMA Darma Wangsa, SMAN 7 Sarolangun, SMAN 4 Tebo, SMA Titian Teras, dan beberapa sekolah lainnya.
Sementara itu pelaksanaan ujian tertulis jalur SNMPTN sudah digelar 12-13 Juni lalu. Menurut informasi dari website fakutas kedokteran Unja, pengumuman hasil ujian akan dikeluarkan pada 7 Juli, pukul 19.00 WIB.
Lulus tes tertulis, calon mahasiswa akan menjalani tes kesehatan per 9 Juli dan tes psikologi sehari sesudahnya. Hasil kedua tes tersebut diumumkan pada 12 Juli 2012. Setelahnya baru melakukan registrasi di Bagian Administrasi Akademik Kemahasiswaan (BAAK), 12-14 Juli.
Gagal jalur SNMPTN masih ada jalur UMB. Pendaftaran dilakukan secara online per 4 Juni hingga 20 Juli mendatang. Ujian tertulis digelar dua hari berikutnya, 22 Juli, yang hasilnya diumumkan 31 Juli 2012.
Sama seperti jalur SNMPTN, calon mahasiswa harus melewati dua tahapan tes lagi, yakni tes kesehatan dan psikologi yang dilaksakan pada 2-3 Agustus, dan hasilnya diumumkan pada 6 Agustus 2012.
Kesempatan terakhir masuk FK Unja yakni lewat jalur Lokal Mandiri. Pendaftaran dibuka 4 Juli hingga 4 Agustus. Tidak secara online, melainkan langsung di Kampus Kedokteran Unja, Jalan Letjen Soeprapto, samping RSUD Raden Mattaher, Telanaipura, Jambi.
Ujian tertulis jalur lokal mandiri dilaksanakan 6-7 Agustus, yang hasilnya diumumkan dua hari kemudian. Calon mahasiswa juga harus mengikuti tes kesehatan dan psikologi pada 10-11 Agustus, dan hasil tesnya diumumkan 14 Agustus 2012.

                            UI Klaim Termurah
Universitas Indonesia (UI) mengklaim sebagai universitas negeri termurah. Bahkan untuk fakultas kedokterannya, mereka hanya menerapkan biaya sumbangan pendidikan sebesar Rp 25 juta.
Hal ini diungkapkan oleh Martarizal, wakil ketua panitia tetap penerimaan mahasiswa baru UI. Dia memastikan, fakultas Kedokteran UI masih jadi favorit para lulusan SMA di Indonesia.
"Kalau peminat ya paling banyak kedokteran, karena daya tampungnya lebih besar," ujar Martarizal saat ditemui di gedung pendaftaran simak UI, kampus UI, Depok, Jawa Barat, Rabu (13/6).
Menurut Martarizal, banyaknya peminat calon mahasiswa untuk daftar ke fakultas kedokteran UI karena biayanya termurah se PTN Indonesia
"Sebenarnya kedokteran UI itu yang paling murah. Untuk uang kuliahnya Rp 7,5 juta maksimal per semesternya dan uang masuk pangkalnya Rp 25 juta dan untuk semua jalur lewat SNMPTN (undangan, tertulis) dan SIMAK," ungkapnya.
Selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Kampus Universitas Riau (UR) membuka Jalur Mandiri. Khusus Fakultas Kedoteran, setiap calon mahasiswa diwajibkan membayar Rp 125 juta.
"Bagi yang lewat Jalur Mandiri itu, kita berikan syarat untuk bersedia membayar dana bantuan tersebut. Artinya setelah dinyatakan lulus seleksi, nantinya calon mahasiswa langsung membayarkan uang Rp 125 juta tersebut," kata Kabiro Administrasi Akademik Kemahasiswaan (KAAK), UR, Afrinaldi.
Hal tersebut dia ungkapkan saat ditemui di ruang kerjanya di Kampus UR Panam, Pekanbaru, Rabu (13/6).
Afrialdi menjelaskan, bahwa dana Rp 125 juta untuk Fakultas Kedokteran itu merupakan bantuan dana pendidikan. Dana tersebut diberlakukan bagi calon mahasiswa yang tidak lulus SNMPTN, sehingga pihak kampus membuka peluang lewat Jalur Mandiri Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) dan bina lingkungan.

                    Jangan Jadi Alat Dagang
Pengamat pendidikan Arif Rahman menilai, biaya itu tinggi karena persoalan peralatan. Butuh alat yang mahal dan canggih supaya operasional fakultas tersebut bisa berjalan.
"Harus cermat menghitungnya. Pendidikan kan memang butuh biaya, fakultas kedokteran dan teknik itu butuh peralatan yang mahal," ujar Arif, Kamis (14/6).
Pengajar di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini menambahkan, dana yang dibebankan ke calon mahasiswa pasti sudah melalui penilaian objektif. Mulai dari peralatan hingga biaya gaji dosen dan kebutuhan lainnya.
Meski begitu, dia juga mengingatkan agar kampus tidak menjadikan tarif masuk sebagai barang dagangan. "Yang jelas itu jangan sampai jadi alat dagang," tegasnya.
Sebelumnya, Universitas Brawijaya (Unibraw) mematok uang Sumbangan Pengembangan Fasilitas Pendidikan (SPFP) bagi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran sebesar Rp 155 juta. Sumbangan sebesar itu merupakan Jalur Mandiri.

Penulis : muhlisin
Editor : fifi

Kamis, 07 Juni 2012

Kedokteran UNJA melantik dokter perdana

Pertamakali Dokter PSPD Unja Dilantik
Tribun Jambi - Jumat, 25 Mei 2012 19:26 WIB 
dokter-kebaya.jpg
TRIBUNJAMBI/HENDRI DEDE PUTRA
Dua dokter lulusan dari PSPD Unja dilantik, Jumat (25/5)


Laporan Wartawan Tribun Jambi, Hendri Dede Putra

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI  - Universitas Negeri Jambi (UNJA) untuk pertamakali melantik dua profesi dokter (dr) dari Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Unja. Pelantikan itu digelar bersamaan dengan acara yudisium 41 Sarjana Kedokteran (S.Ked) tahun akademik 2011/2012, di ruangan Skill Lab PSPD Unja, Telanai, Jumat (25/5).

Kedua profesi dokter tersebut dilantik oleh ketua Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Unja, dr Armaidi Darmawan, dan dihadiri langsung oleh Rektor Unja, Prof Dr Aulia Tasman MSc.

Kedua dokter itu adalah Arsia Dilla Pramita dan Dhevy Hariady Ratna Arumasari, yang telah yudisium pada tanggal 5 April 2012, dengan predikat kelulusan sangat memuaskan. (*)

Senin, 14 Mei 2012

Kedokteran Paling Diminati


3.306 Pendaftar UMB PT Dites 9 Juli 2011


Tes Unja
JAMBI - Program studi kedokteran paling diminati calon mahasiswa baru yang ikut jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB PT) tahun ini.
Dari 24 program studi yang ditawarkan universitas Jambi, pendaftar prodi kedokteran paling banyak. Dimana, jumlah pendaftar mencapai 1.788 orang. Disusul oleh pendaftar prodi Manajemen dengan jumlah pendaftar 1.619 orang.
‘’Jumlah yang diterima lewat jalur ini hanya 502 orang,’’ sebut Ketua Panitia Pelaksana, Dr Muazza, yang diwakili panitia, Jufri.
Sedangkan jumlah yang mendaftar lanjutnya yaitu sebanyak 3.306 orang. Itu artinya, peluang masing-masing calon mahasiswa baru itu, untuk lulus di Universitas Jambi hanya 15 persen.
Dikatakannya, kebanyakan peminat memilih ujian jurusan Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC) sebanyak 1.232 orang. Sedangkan untuk peringkat kedua ditempati jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebanyak 1.286. Dan peringkat ketiga ditempati jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebanyak 788 peminat.
“Tahun-tahun sebelumnya IPC juga selalu mendominasi jumlah peminat,” katanya.
Prodi yang mengalami kenaikan jumlah peminat sebutnya, adalah prodi Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan (Porkes) yakni sebanyak 738 peminat.
“Porkes mengalami kenaikan sebanyak dua kali lipat,” ujarnya. “Tidak lama untuk menunggu hasil yang lulus UMB,” katanya.
Disinggung mengenai joki, ia mengungkapkan sebelum pelaksanaan ujian UMB akan dilakukan verifikasi data peserta ujian. Bila nantinya ditemukan perbedaan antara peserta ujian dan verifikasi data ujian, maka bisa langsung diambil tindakan.
“Sama seperti ujian SNMPTN yang lalu, kami akan verifikasi data,” jelasnya.
Selain itu, pihaknya pun sudah menerima baik naskah ujian UMB maupun Lembar Jawaban Ujian (LJU). Ruang ujian, tambahnya, masih menggunakan ruang ujian SNMPTN yang lalu.
“Masih sama ruang ujiannya, IPC ujian di Balairung Unja, IPS di Fakultas Hukum, FKIP dan Fakultas Peternakan, untuk IPA di Fakultas Ekonomi,” jelasnya.
Tapi pihaknya tetap akan menambah ruang ujian cadangan. Hal ini dilakukan bila terdapat peserta berlebih ketika ujian UMB. “Ya sebagai antisipasi saja,” terangnya.
Seperti diketahui, pendaftaran Ujian Masuk Bersama (UMB), mulai tanggal 1 Juni 2011. “Penutupan pendaftran UMB hari ini 7 Juli 2011,” jelasnya.
Selain itu, sesuai dengan namanya. Bahwa UMB hanyalah untuk Perguruan Tinggi (PT) yang tergabung dalam PT UMB yang dipilih calon peserta ujian. UMB-PT 2011 diselenggarakan untuk melakukan seleksi calon mahasiswa di 12 (dua belas) Perguruan Tinggi Negeri dan 8 (Delapan) Perguruan Tinggi Swasta dan 1 International Development Program (IDP). Ujian tulis akan dilaksanakan di Banda Aceh, Lhokseumawe, Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Bengkulu, Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Bogor, Makassar, Cirebon, Tangerang, Semarang, Jogjakarta, Palangka Raya, Pontianak, Samarinda dan Surabaya pada tanggal 9 Juli 2011.
“Pengumuman hasil seleksi secara online dengan menggunakan account pendaftaran setiap peserta pada tanggal 17 Juli 2011,” paparnya.

source: http://www.jambiekspres.co.id/utama/19744-kedokteran-paling-diminati.html

Selasa, 24 Januari 2012

Informasi SNMPTN 2012 Pendidikan Dokter Universitas Jambi

SNMPTN 2012

Seperti semboyannya "Kepercayaan dalam kebersamaan"  jalur SNMPTN yang merupakan jalur yang paling banyak menjaring calon mahasiswa baru, masih dianggap jalur yang "masih bersih" bagi sebagian besar masyarakat. Selain itu biayanya juga SEDIKIT lebih murah dibandingkan dengan jalur mandiri/non-reguler. 

Apa saja perbedaan SNMPTN 2011 dengan SNMPRTN 2012 ???
  
Secara umum sistim SNMPTN 2012 tidak jauh berbeda dimana SNMPTN terbagi dua yaitu SNMPTN jalur Undangan dan SNMPTN jalur tulis. Perbedaan yang jelas terdapat pada kuota jalur SNMPTN undangan. Sebagaimana data yang saya kutip dari situs SNMPTN :

Siswa yang dapat didaftarkan oleh kepala sekolahnya yaitu siswa yang memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah, yaitu: masuk dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester 3, 4,dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi (akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MAK), dengan rincian sebagai berikut:

  1. Akreditasi A        : 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
  2. Akreditasi B        : 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
  3. Akreditasi C        : 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
  4. Lainnya               :  5% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
Pemeringkatan dilakukan sesuai dengan jurusan IPA, IPS, atau Bahasa berdasarkan nilai mata pelajaran yang diujikan dalam UN tahun 2012.

kesimpulan yang saya ambil pada peraturan baru ini yaitu kuota siswa yang diambil adalah siswa yang nilai MATA PELAJARAN UN terbaiklah yang dapat mengikuti jalur ini bukan siswa yang nilai secara keselurahannya tertinggi. Jadi diharapkan guru dan kepala sekolah dapat lebih teliti dalam menghitung dan merata-ratakan kembali raport siswanya dari semester 4,5, dan 6. 



SNMPTN UNIVERSITAS JAMBI (UNJA) 2012

UNJA ada jurusan kedokterannya ?
Ya!!! Tentu saja. Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Jambi sudah ada sejak tahun 2005. Pada awalnya jurusan ini hanya menerima mahasiswa lewat jalur seleksi daerah, jadi kebanyakan mahasiswanya adalah orang Jambi asli. Namun beberapa tahun terakhir UNJA telah menerima mahsiswanya lewat jalur nasional seperti SNMPTN. Sehingga mahasiswanya lebih heterogen, kebanyakan mahasiswanya (angkatan 2011) berasal dari Medan (Sumut), Padang-Batusangkar (Sumbar), Palembang, Bogor, Jakarta, dan tentunya Jambi itu sendiri.


Berapa Daya Tampung SNMPTN Pendidikan Dokter UnJa ?
Untuk daya tampung Jalur SNMPTN UNJA memang tidak terlalu banyak. Melirik daya tampung SNMPTN tahun 2011 Pendok UNJA hanya menerima 22 mahasiswa lewat jalur SNMPTN: 2 SNMPTN Undangn, 20 SNMPTN jalur tulis. Selain itu UNJA juga menrima lewat jalur UMB dan Jalur Mandiri. Untuk SNMPTN 2012 Pendok UNJA akan menerima 5 orang lewat jalur SNMPTN Undangan dan 20 orang lewat jalur SNMPTN tulis. Terdapat sedikit peningkatn kuota pada jalur undangan.


Berapa sih peminat kedokteran UNJA lewat jalur SNMPTN 2011 ?
SNMPTN UNDANGAN







refleksi undangan tahun 2011: 
diterima 2 orang dari peminat 227 orang. tingkat kesulitan 1 : 110

SNMPTN TULIS
Analisis: 
Daya Tampung  : Peminat
           20           :    1048
kurang lebih tingkat keketatannya 1:50
Artinya untuk mendapatkan satu kursi anda harus bersaing dengan lima puluh orang.

SEMOGA INFO nya bermanfaat!!!