Senin, 14 Mei 2012

Kedokteran Paling Diminati


3.306 Pendaftar UMB PT Dites 9 Juli 2011


Tes Unja
JAMBI - Program studi kedokteran paling diminati calon mahasiswa baru yang ikut jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB PT) tahun ini.
Dari 24 program studi yang ditawarkan universitas Jambi, pendaftar prodi kedokteran paling banyak. Dimana, jumlah pendaftar mencapai 1.788 orang. Disusul oleh pendaftar prodi Manajemen dengan jumlah pendaftar 1.619 orang.
‘’Jumlah yang diterima lewat jalur ini hanya 502 orang,’’ sebut Ketua Panitia Pelaksana, Dr Muazza, yang diwakili panitia, Jufri.
Sedangkan jumlah yang mendaftar lanjutnya yaitu sebanyak 3.306 orang. Itu artinya, peluang masing-masing calon mahasiswa baru itu, untuk lulus di Universitas Jambi hanya 15 persen.
Dikatakannya, kebanyakan peminat memilih ujian jurusan Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC) sebanyak 1.232 orang. Sedangkan untuk peringkat kedua ditempati jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebanyak 1.286. Dan peringkat ketiga ditempati jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebanyak 788 peminat.
“Tahun-tahun sebelumnya IPC juga selalu mendominasi jumlah peminat,” katanya.
Prodi yang mengalami kenaikan jumlah peminat sebutnya, adalah prodi Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan (Porkes) yakni sebanyak 738 peminat.
“Porkes mengalami kenaikan sebanyak dua kali lipat,” ujarnya. “Tidak lama untuk menunggu hasil yang lulus UMB,” katanya.
Disinggung mengenai joki, ia mengungkapkan sebelum pelaksanaan ujian UMB akan dilakukan verifikasi data peserta ujian. Bila nantinya ditemukan perbedaan antara peserta ujian dan verifikasi data ujian, maka bisa langsung diambil tindakan.
“Sama seperti ujian SNMPTN yang lalu, kami akan verifikasi data,” jelasnya.
Selain itu, pihaknya pun sudah menerima baik naskah ujian UMB maupun Lembar Jawaban Ujian (LJU). Ruang ujian, tambahnya, masih menggunakan ruang ujian SNMPTN yang lalu.
“Masih sama ruang ujiannya, IPC ujian di Balairung Unja, IPS di Fakultas Hukum, FKIP dan Fakultas Peternakan, untuk IPA di Fakultas Ekonomi,” jelasnya.
Tapi pihaknya tetap akan menambah ruang ujian cadangan. Hal ini dilakukan bila terdapat peserta berlebih ketika ujian UMB. “Ya sebagai antisipasi saja,” terangnya.
Seperti diketahui, pendaftaran Ujian Masuk Bersama (UMB), mulai tanggal 1 Juni 2011. “Penutupan pendaftran UMB hari ini 7 Juli 2011,” jelasnya.
Selain itu, sesuai dengan namanya. Bahwa UMB hanyalah untuk Perguruan Tinggi (PT) yang tergabung dalam PT UMB yang dipilih calon peserta ujian. UMB-PT 2011 diselenggarakan untuk melakukan seleksi calon mahasiswa di 12 (dua belas) Perguruan Tinggi Negeri dan 8 (Delapan) Perguruan Tinggi Swasta dan 1 International Development Program (IDP). Ujian tulis akan dilaksanakan di Banda Aceh, Lhokseumawe, Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Bengkulu, Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Bogor, Makassar, Cirebon, Tangerang, Semarang, Jogjakarta, Palangka Raya, Pontianak, Samarinda dan Surabaya pada tanggal 9 Juli 2011.
“Pengumuman hasil seleksi secara online dengan menggunakan account pendaftaran setiap peserta pada tanggal 17 Juli 2011,” paparnya.

source: http://www.jambiekspres.co.id/utama/19744-kedokteran-paling-diminati.html

Tidak ada komentar: